Laman

Sabtu, 19 Januari 2013

Alasan manusia tidak mau menentukan tujuan hidup


 Kenapa kita mesti takut untuk menghadapi masa depan dan mempersiapkan diri untuk menyambutnya?
Ada beberapa alasan kenapa kita tidak mau menyusun langkah atau program dalam hidup:

1.Takut
Rasa takut atau cemas merupakan salah satu musuh manusia yang paling besar.jika sifat ini terklalu menguasai seseorang maka ia akan susa untuk berpikir dan berkonsentrasi.sebagian orang takut untuk gagal,menghadapi masa depan,ditolak,bahkan ada yang takut sukses.

Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam menentukan tujuan hidup adalah memberantas rasa takut.

2.Berprasangka buruk terhadap diri sendiri
Orang yang meragukan kemampuan dirinya sendiri akan membuat ia gagal dalam melakukan apapun.sebab ia merasa dirinya tidak akan bisa berhasil dan sukses.

3.Suka menunda sesuatu
Menangguhkan suatu urusan atau pekerjaan yang semestinya dilakukan sekarang atau hari ini pada waktu lain atau hari esok.sifat suka menunda suatu pekerjaan merupakan sifat yang tidak boleh ditoleransi sedikitpun.
Orang yang suka menunda sesuatu sudah terbiasa dengan kalimat"nanti saja".sangat jarang mereka mengatakan "saya akan melakukanya sekarang".Orang seperi ini adalah sosok yang pintar sekali mencari alasan untuk bisa menunda suatu pekerjaan.

4.Tidak yakin akan pentingnya tujuan dalam hidup
Ada sekelompok orang yang tidak yakin dengan urgenitas tujuan dalam hiduo.Mereka beranggapan bahwa yanmg demikian hanya buang waktu saja.

5.Tidak tahu atau tidak ada wawasan
Ada sebagian orang yang sangat bersemangat untuk menentukan tujuan hidupnya.Tetapi,ia tidak memiliki alat dan pengetahuan yang cukup untuk mewjudkan hal tersebut.



sumber:Dr.Ibrahim Fiqy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar