I. Konseling Trait & Factor
(Wolter Bingham, John Darley, Donald G. Paterson, dan E. G. Williemson)
Menurut
teori ini, kepribadian merupakan suatu system sifat atau factor yang
saling berkaitan satu dengan yang lainnya seperti
kecakapan,minat,sikap,dan tempramen.
Proses konseling dibagi dalam lima tahap sebagai berikut :
- Tahap Analisis
Tahap kegiatan yang terdiri pengumpulan informasi dan data mengenai klien.
- Tahap Sintesis
Langkah
merangkum dan mengatur data dari hasil analisis yang sedemikian rupa
sehingga menunjukkan bakat, kekuatan, kelemahan dan kemampuan
penyesuaian diri klien.
- Tahap Diagnosis
Sebenarnya merupakan langkah pertama dalam bimbingan dan hendaknya
dapat menemukan ketetapan yang dapat mengarah kepada permasalahan,
sebab-sebabnya, sifat-sifat klien yang relevan dan berpengruh pada
penyesuaian diri. Diagnosis meliputi :
- Identifikasi masalah yang sifatnya deskriptif misalnya dengan menggunakan kategori Bordin dan Pepinsky
Kategori diagnosis Bordin
a. dependence (ketergantungan)
b. lack of information (kurangnya informasi)
c. self conflict (konflik diri)
d. choice anxiety (kecemasan dalam membuat pilihan)
Kategori diagnosis Pepinsky
a. lack of assurance (kurang dukungan)
b. lack of information (kurang informasi)
c. dependence (ketergantungan)
d. self conflict (konlflik diri)
- Menentukan sebab-sebab, mencakup perhatian hubungan antara masa lalu, masa kini, dan masa depan yang dapat menerangkan sebab-sebab gejala. Konselor menggunakan intuisinya yang dicek oleh logika, oleh reaksi klien, oleh uji coba dari program kerja berdasarkan diagnosa sementara.
- Prognosis yang sebenarnya terkandung didalam diagnosis misalnya diagnosisnya kurang cerdas pronosisnya menjadi kurang cerdas untuk pekerjaan sekolah yang sulit sehingga mungkin sekali gagal kalau ingin belajar menjadi dokter. Kalau klien belum sanggup berbuat demikian, maka Konselor bertanggung jawab dan membantu klien untuk mencapai tingkat pengambilan tanggung jawab. Untuk dirinya sendiri, yang berarti dia mampu dan mengerti secara logis, tetapi secara emosional belum mau menerima.
- Tahap Konseling
Merupakan
hubungan membantu klien untuk menemukan sumber diri sendiri maupun
sumber diluar dirinya, baik dilembaga, sekolah dan masyarakat dalam
upaya mencapai perkembangan dan penyesuaian optimal, sesuai dengan
kemampuannya. Dalam kaitan ini ada lima jenis konseling adalah :
-
- belajar terpimpin menuju pengertian diri
- mendidik kembali atau mengajar kembali sesuai dengan kebutuhan individu sebagai alat untuk mencapai tujuan kepribadiannya dan penyesuaian hidupnya.
- Bantuan pribadi dan Konselor, agar klien mengerti dan trampil dalam menggunakan prinsip dan teknik yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
- Mencakup hubungan dan teknik yang bersifat menyembuhkan dan efektif.
- Mendidik kembali yang sifatnya sebagai katarsis atau penyaluran
- Tahap Tindak Lanjut
Mencakup
bantuan kepada klien dalam menghadapi maslaah baru dengan
mengingatkannya kepada masalah sumbernya sehingga menjamin keberhasilan
konsleing. Teknik yang digunakan harus disesuaikan dengan individualitas
klien.
Teknik Konseling
1. Pengunaan
hungan intim (Rapport), Konselor harus menerima konseli dalam hubungan
yang hangat, intim, bersifat pribadi, penuh pemahaman dan terhindar dari
hal-hal yang mengancam konseli.
2. Memperbaiki
pemahaman diri, konseli harus memahami kekuatan dan kelemahan dirinya,
dan dibantu untuk menggunakan kekuatannya dalam upaya mengatasi
kelemahannya. Penafsiran data dan diagnosis dilakukan bersama-sama
dengan klien dan Konselor menunjukkan profil tes secara arif.
3. Pemberian
nasehat dan perencanaan program kegiatan. Konselor mulai dari pilihan,
tujuan, pandangan atau sikap Konselor dan kemudian menunjukkan data yang
mendukung atau tidak mendukung dari hasil diagnosis. Penjelasan
mengenai pemberian nasehat harus dipahami klien.
Tiga metode pemberian nasehat yang dapat digunakan oleh Konselor :
a. Nasehat langsung (direct advising), dimana Konselor secara terbuka dan jelas menyatakan pendapatnya.
b. Metode persuasif, dengna menunjukan pilihan yang pasti secara jelas.
c. Metode
penjelasan, yang merupakan metode ynag paling dikehendaki dan
memuaskan. Konselor secara hati-hati dan perlahan-lahan menjelaskan data
diagnostic dan menunjukan kemungkinan situasi yang menuntut penggunaan
potensi konseli.
d. Melaksanakan rencana, yaitu Konselor memberikan bantuan dalam menetapkan pilihan atau keputusan secara implementasinya.
4. menunjukkan kepada petugas lain (alih tangan) bila dirasa Konselor tidak dapat mengatasi masalah klien.
Kontribusi yang diberikan oleh teori Trait & Faktor
1. Teori sifat dan faktor menerapkan pendekatan ilmiah kepada konseli.
2. Penekanan
pada penggunaan data tes obyektif, membawa kepad aupaya perbaikan dalam
pengembangan dan penggunaannya, serta perbaikan dalam pengumpulan dan
pengunaan data lingkungan.
3. Penekanan
yang diberikan pada diagnosis mengandung makna sebagai suatu perhatian
masalah dan sumbernya dan mengarah pada upaya mengkreasikan
teknik-teknik untuk mengatasinya.
4. penekanan pada aspek kognitif merupakan upaya menseimbangkan pandangan lain yang lebih menekankan aspek afektik atau emosional.
II. Konseling Rational Emotive
(Albert Ellis) dikenal dengan Rational Emotive Therapy (R.E.T)
Salah
satu teori utama mengenai kepribadian yang ditemukan oleh Albert Ellis
dan para penganut Rational Emotive therapy dikenal dengan “Teori
A-B-C-D-E). teori ini merupakan sentral dari teori dan praktek RET.
Secara umu dijelaskan dalam bagan sebagai berikut :
Komponen
|
Proses
|
|
A
|
Activity / action / agent
Hal-hal, situasi, kegiatan atau peristiwa yang mengawaliatau yang mengerakkan individu. (antecedent or activating event)
|
External event
Kejadian diluar atau sekitar individu
|
iB
rB
|
Irrational Beliefs, yakni keyakinan-keyakinan irasional atau tidak layak terhadap kejadian eksternal (A)
Rational Beliefs, yakni keyakinan-keyakinan yang rasional atau layak dan secara empirik mendukung kejadian eksternal (A)
|
Self verbalization
Terjadi dalam diri individu, yakni apa yang terus mnenerus ia katakan berhubungan dengan A terhadap dirinya
|
iC
rC
|
Irrational Consequences, yaitu konsekuensi-konsekuensi yang tidak layak yang berasal dari (A)
Rational
or reasonable Consequences, yakni konsekuensi-konsekuensi rasional
atau layak yang dianggap berasal dari rB=keyakinan yang rasional
|
Rational
Beliefs, yakni keyakinan-keyakinan yang rasional atau layak secara
empirik mendukung kejadian-kejadian eksternal (A)
|
D
|
Dispute irrational beliefs, yakni keyakinan-keyakinan irasional dalam diri individu saling bertentangan (disputing)
|
Validate
or invalidate self-verbalization : yakni suatu proses
self-verbalization dalam diri individu, apakah valid atau tidak.
|
CE
|
Cognitive
Effect of Disputing,yakni efek kognitif yang terjadi dari
pertentangan (dispating) dalam keyakinan-keyakinan irasional.
|
Change self-verbalization, terjadinya perubahan dalam verbalisasi dari pada individu.
|
BE
|
Behavioral Effect of Disputing yakni efek dalam perilaku yang terjadi dalam pertentangan dalam keyakinan-keyakinan irasional diatas.
|
Change Behavior, yakni terjadinya perubahan perilaku dalam diri individu
|
Tujuan konseling Rasional-Emotif
1. Memperbaiki
dan merubah sikap, persepsi, cara berpikir, keyakinan serta
pandangan-pandangan klien yang irasional dan tidak logis menjadi
rasional dan logis agar klien dapat mengembangkan diri, meningkatkan
self actualizationnya seoptimal mungkin melalui perilaku kognitif dan
afektif yang positif.
2. Menghilangkan
gangguan-gangguan emosional yang merusak diri sendiri seperti : rasa
takut, rasa bersalah, rasa berdosa, rasa cemas, merasa was-was, dan rasa
marah. Konselor melatih dan mengajar klien untuk menghadapi
kenyataan-kenyataan hidup secara rasional dan membangkitkan kepercayaan,
nilai-nilai dan kemampuan diri sendiri.
Albert Ellis (1973) memberikan gambaran tentang apa yang dapat dilakukan oleh praktisi rasional-emotive yaitu :
a. Mengajak, mendorong klien untuk menanggalkan ide-ide irasional yang mendasari gangguan emosional dan perilaku.
b. Menantang klien dengan berbagai ide yang valid dan rasional.
c. Menunjukkan kepada klien azas ilogis dalam berpikirnya.
d. Menggunakan analisis logis untuk mengurangi keyakinan-keyakinan irasional (irrational beliefs) klien.
e. Menunjukkan
bahwa keyakinan-keyakinan irasional ini adalah inoperative dan bahkan
hal ini pasti senantiasa mengarahkan klien pada gangguan-gangguan
behavioral dan emosional.
f. Menggunakan absurdity dan humaor untuk menantang irasionalitas pemikiran klien.
g. Menjelaskan
kepada klien bagaimana ide-ide irasional ini dapat ditempatkankembali
dan disubtitusikan kepada ide-ide rasional yang harus secara empirik
melatar belakangi kehidupannya.
h. Mengajarkan
kepada klien bagaimana mengaplikasikan pendekatan-pendekatan ilmiah,
obyektif dan logis dalam berpikir dan selanjutnya melatih diri klien
untuk mengobservasi dan menghayati sendiri bahwaide-ide irasional dan
deduksi-deduksi hanya kan membantu perkembangan perilaku dan
perasaan-perasaan yang dapat menghambat perkembangan dirinya.
III. Konseling Behavioral
(D. Krumboltz, Carl E. Thoresen, Ray E. Hosfor , Bandura, Wolpe dll)
Konsep
behavioral : perilaku manusia merupakan hasil belajar, sehingga dapat
diubah dengan memanipulasi dan mengkresi kondisi-kondisi belajar. Pada
dasarnya, proses konseling merupakan suatu penataan proses atau
pengalaman belajar untuk membantu individu mengubah perilakunya agar
dapat memecahkan masalahnya.
Thoresen (shertzer & Stone 1980, 188) memberikan ciri-ciri konseling behavioral sebagai berikut :
1. Kebanyakan perilaku manusia dipelajari oleh sebab itu dapat diubah.
2. Perubahan-perubahan
khusus terhadap lingkungan individu dapat membantu dalam mengubah
perilaku-perilaku yang relevan. Prosedur-prosedur konseling berusaha membawa perubahan-perubahan yang relevan dalam perilaku klien dengan mengubah lingkungan
3. Prinsip-prinsip
belajar spesial seperti : “reinforcement” dan “social modeling” , dapat
digunakan untuk mengembangkan prosedur-prosedur konseling.
4. Keefektifan
konseling dan hasil konseling dinilai dari perubahan dalam
perilaku-perilaku khusus diluar wawancara prosedur-prosedur konseling.
5. Prosedurprosedur
konseling tidak statik, tetap atau ditentukan sebelumnya, tetapi dapat
secara khusus didesain untuk membantu klien dalam memecahkan masalah
khusus.
Proses konseling
Menurut
Krumboltz dan Thoresen (Shertzer & Stone, 1980, 190) konsseling
behavior merupakan suatu proses membantu orang untuk memecahkan
masalah.interpersonal, emosional dan keputusan tertentu.
Urutan
pemilihan dan penetapan tujuan dalan konseling yang digambarkan oleh
Cormier and Cormier (Corey, 1986, 178) sebagai salah satu bentuk kerja
sama antara konselor dan klien sebagai berikut :
1. Konselor menjelaskan maksud dan tujuan.
2. Klien mengkhususkan perubahan positif yang dikehendaki sebagai hasil konseling.
3. Klien dan konselor menetapkan tujuan yang telah ditetapkan apakah merupakan perubahan yang dimiliki oleh klien.
4. Bersama-sama menjajaki apakah tujuan itu realistik.
5. Mendiskusikan kemungkinan manfaat tujuan.
6. Mendiskusikan kemungkinan kerugian tujuan.
7. Atas
dasar informasi yang diperoleh tentang tujuan klien, konselor dan klien
membuat salah satu keputusan berikut : untuk meneruskan konseling atau
mempertimbangkan kembali tujuan akan mencari referal.
Metode yang dapat digunakan
1. Pendekatan
operant learning hal yang penting adalah pengutan (reinfocement) yang
dapat menghasilkan perilaku klien yang dikehendaki.
2. Metode
Unitative Learning aau social modeling diterapkan oleh konselor dengna
merancang suatu perilaku adaptif yang dpaat dijadikan model oleh klien.
3. Metode
Cognitive Learning atau pembelajaran kognitif merupakan metode yang
berupa pengajaran secara verbal, kontrak antara konselor dan klien, dan
bermain peranan.
4. Metode Emotional Learning, atau pembelajaran emosional diterapkan pada individu yang mengalami suatu kecemasan.
IV. Konseling Psikoanalisa
(Sigmund Freud, Carl Jung, Otto Rank, William Reich, Karen Honey, Adler. Harry Stack Sullivan,dll)
Konsep
Freud yang anti rasionalisme menekankan motivasi tidak sadar, konflik,
dan simbolisme sebagai konsep primer. Manusia pada hakekatnya bersifat
biologis, dilahirkan dengan dorongan-dorongan instingtif, dan perilaku
merupakan fungsi mereaksi secara mendalan terhadap dorongan-dorongan
itu. Manusia bersifat tidak rasional dan tidak sosial, dan destruktif
terhadap dirinya dan orang lain. Energi psikis yang paling dasar disebut
libido yang bersumber dari dorongan seksual yang terarah kepada
pencapaian kesenangan.
Proses konseling
Tujuan
konseling psikoanalitikadalah membentuk kembali struktur karakter
individu dengan membuat yang tidak sadar menjadi sadar dalam diri klien.
- Proses konseling dipusatkan pada usaha menghayati kembali pengalaman-pengalaman masa kanak-kanak. Pengalaman masa lampau ditata, didiskusikan, dianalisa dan ditafsirkan dengan tujuan untuk merekonstruksi kepribadian.
- Konseling analitik menekankan dimensi afektif dalam membuat pemahaman ketidak sadaran.
- Tilikan dan pemahaman intelektual sangat penting, tetapi yang lebih adalah mengasosiasikan antara perasaan dan ingatan dengan pemahaman diri.
- Satu karakteristik konseling psikonalisa adalah bahwa terapi atau analisis bersikap anonim (tak dikenal) dan bertindak sangat sedikit menunjukkan perasaan dan pengalamannya, sehingga dengan demikian klien akan memantulkan perasaannya kepada konselor. Proyeksi klien merupakan bahan terapi yang ditafsirkan dan dianalisia.
- Konselor harus membangun hunbungan kerja sama dengan klien kemudian melakukan serangkaian kegiatan mendengarkan dan menafsirkan.
- Menata proses terapeutik yang demikian dalam konteks pemahaman struktur kepribadian dan psikodinamika memungkinkan konselor merumuskan masalah klien secara sesungguhnya. Konselor mengajari klien memaknai proses ini sehingga klien memperoleh tilikan mengenai masalahnya.
- Klien harus menyanggupi dirinya sendiri untuk melakukan proses terapi dalam jangka panjang. Setiap pertemuan biasa berlangsung satu jam.
- Setelah beberapa kali pertemuan kemudian klien melakukan kegiatan asosiasi bebas. Yaitu klien mengatakan apa saja ynag terlintas dalam pikirannya.
Teknik-teknik terapi
- Asosiasi bebas
- Interpretasi
- Analisis mimpi
- Analisis Resistensi
- Analisis transferensi (pemindahan)
V. Konseling Psikologi Individual
(Alfred Adler, Rudolph Dreikurs, Martin Son Tesgard, dan Donal Dinkmeyer)
Konstruk
utama psikologi individual adalah bahwa perilaku manusia dipandang
sebagai suatu kompensasi terhadap perasaan inferioritas (kurang harga
diri). Istilah yang digunakan oleh Adler adalah “inferiority complex”
untuk menggambarkan keadaan perasaan harga diri kurang yang selalu
mendorong individu untuk melakukan kompensasi mencapai keunggulan.
Perilaku merupakan suatu upaya untuk mencapai keseimbangan.
Kompleks rasa rendah diri (inferiority complex) menurut Adler berasal dari tiga sumber :
- Kekurangan dalam hal fisik
- Anak yang dimanja
- Anak yang mendapat penolakan
Proses Konseling
Tujuan
konseling menurut Adler adalah mengurangi intensitas perasaan rasa
rendah diri (inferior), memperbaiki kebiasaan-kebiasaan yang salah dalam
persepsi, menetapkan tujuan hidup, mengembangkan kasih sayang terhadap
orang lain, dan meningkatkan kegiatan.
Menurut Ansbacher & Anbacher (Shertzer & Stone, 1980, 204) ada tiga komponen pokok dalam proses konseling :
1. Memperoleh
pemahaman gaya hidup klein yang spesifik, gejala dan masalahnya,
melalui empati, intuisi dan penaksiran konselor. Dalam unsur ini
konselor membentuk hipotesis mengenai gaya hidup dan situasi klien.
2. Proses
menjelaskan kepada klien, dalam komponen ini hipotesis gaya hidup yang
dikembangkan dalam komponen pertama harus ditafsirkan dan
dikomunikasikan dengan klien sehingga dapat diterima. Psikologi
individual menekankan pentingnya membantu klien untuk memperoleh tilikan
terhadap kondisinya.
3. Proses memperkuat minat sosial, klien dengan menghadapkan mereka, secara seimbang, dan menunjukkan minat dan kepedulian mereka.
VI. Konseling Analisis Transaksional
(Eric Berne) pioner yang menerapkan analisa transaksional dalam psikoterapi.
Dalam
terapi ini hubungan konselor dan klien dipandang sebgai suatu
transaksional (interaksi, tindakan yang diambil, tanya jawab) dimana
masing0masing partisipan berhubungan satu sama lain. Sebagai fungsi
tujuan tertentu. Transaksi menurut Berne merupakan manivestasi hubungan
sosial.
Berne membagi psikoterapi konvensional menjadi dua kelompok
1. Kelompok yangh melibatkan sugesti, dukungan kembali (reassurence), dan fungsi parental lain.
2. Kelompok
yang melibatkan pendekatan rasional, dengan menggunakan konfrontasi dan
interpretasi seperti terapi non direktif dan psiko analisa.
Proses Konseling
Tugas
utama konselor yang menggunakan analisis transaksional adalah mengajar
bahasa dan ide-ide sistem untuk mendiagnosa transaksi.
Konselor
transaksional selalu aktif, menghindarkan keadaan diam yang terlalu
lama, dan mempunyai tanggung jawab untuk memelihara perhatian pada
transaksi.
Tujuan konseling adalah :
- Membantu klien dalam memprogram pribadinya.
- Klien dibantu untuk menjadi bebas dalam berbuat, bermain, dan menjadi orang mandiri dalam memilih apa yang mereka inginkan.
- Klien dibantu mengkaji keputusan yang telah dibuat dan membuat keputusan baru atas dasar kesadaran.
- Teknik-teknik daftar cek, analisis script atau kuisioner digunakan untuk mengenal keputusan yang telah dibuat sebelumnya.
- Klien berpartisipasi aktif dalam diagnosis dan diajar untuk membuat tafsiran dan pertimbangan nilai sendiri.
- Teknik konfrontasi juga dapat digunakan dalam analisis transaksional dan pengajuan pertanyaan merupakan pendeatan dasar.
- untuk berlangsungnya konseling kontrak antara konselor dan klien sangat diperlukan.
VII. Konseling Client Centered (Berpusat Pada Klien)
(Carl R. Roger) menurut Roger Konseling dan Psikoterapi tidak mempunyai perbedaan.
Konseling yang berpusat pada klien sebagai konsep dan alat baru dalam
terapi yang dapat diterapkan pada orang dewasa, remaja, dan anak-anak.
Pendekatan
konseling client centered menekankan pada kecakapan klien untuk
menentukan isu yang penting bagi dirinya dan pemecahan masalah dirinya.
Konsep pokok yang mendasari adalah hal yang menyangkut konsep-konsep
mengenai diri (self), aktualisasi diri, teori kepribadian,dan hakekat
kecemasan. Menurut Roger konsep inti konseling berpusat pada klien
adalah konsep tentang diri dan konsep menjadi diri atau pertumbuhan
perwujudan diri.
Proses konseling
- Konseling memusatkan pada pengalaman individual.
- konseling berupaya meminimalisir rasa diri terancam, dan memaksimalkan dan serta menopang eksplorasi diri. Perubahan perilaku datang melalui pemanfaatan potensi individu untuk menilai pengalamannya, membuatnya untuk memperjelas dan mendapat tilikan pearasaan yang mengarah pada pertumbuhan.
- Melalui penerimaan terhadap klien, konselor membantu untuk menyatakan, mengkaji dan memadukan pengalaman-pengalaman sebelunya ke dalam konsep diri.
- dengan redefinisi, pengalaman, individu mencapai penerimaan diri dan menerima orang lain dan menjadi orang yang berkembang penuh.
- Aawancara merupakan alat utama dalam konseling untuk menumbuhkan hubungan timbal balik.
Karakteristik konseling berpusat pada klien
- Fokus utama adalah kemampuan individu memecahkan masalah bukan terpecahnya masalah.
- Lebih mengutamakan sasaran perasaan dari pada intelek.
- Masa kini lebih banyak diperhatikan dari pada masa lalu.
- Pertumbuhan emosional terjadi dalam hubungan konseling.
- Proses terapi merupakan penyerasian antara gambaran diri klien dengan keadaan dan pengalaman diri yang sesungguhnya.
- Hubungan konselor dan klien merupakan situasi pengalaman terapeutik yang berkembang menuju kepada kepribadian klien yang integral dan mandiri.
- Klien memegang peranan aktif dalam konseling sedangkan konselor bersifat pasif reflektif.
VIII. Konseling / Terapi Gestalt
(dikembangkan
oleh Frederick S. Peris 1989-1970) terapi ini dikembangkan dari sumber
dan pengaruh tiga disiplin yang sangat berbeda yaitu :
1. Psikoanalisis terutama yang dikembangkan oleh Wilhelm Reih
2. Fenomenolohi eksistensialisme Eropa dan
3. Psikologi Gestalt
Peris
menyatakan bahwa individu, dalam hal ini manusia, selalu aktif sebagai
keseluruhan, merupakan koordinasi dari seluruh organ. Kesehatan
merupakan keseimbangan yang layak. Pertentangan antara keberadaan sosial
dan biologis merupakan konsep dasar terapi Gestaslt.
Proses Konseling
Tujuan
utama konseling Gestalt adalah meningkatkan proses pertumbuhan klien
dan membantu klien mengembangkan potensi manusiawinya.
Fokus
utama dalam konseing Gestalt adalah membantu individu melalui
transisinya dari keadaan yang selalu dibantu oleh lingkungan ke keadaan
mandiri (selft-support).
Konselor membuat klien menjadi kecewa sehingga klien dipaksa untuk menemukan caranya atau mengembangkan potensinya sendiri.
Konsep utama terapi Peris adalah
8. Unfinished
business yang tercakup didalamnya adalah emisi-emosi,
peristiwa-peristiwa, ingatan-ingatan (memories), yang terhambat
dinyatakan oleh individu yang bersangkutan.
9. Avoidance
atau penghindaran adalah segala cara yang digunakan oleh seseorang
untuk melarikan diri dari Unfinished business. Bentuk-bentuk avoidance
antara lain phobia, melarikan diri, mengganti terapist, mengubah
pasangan.
Garis-garis besar terapi Gestalt
1. Fase
pertama : membentuk pola pertemuan terapeutik agar tercapai situasi
yang memungkinkan perubahan-perubahan yang diharapkan pada klien.
Situasi mengandung komponen emosional dan intuitif.
2. Fase
kedua : melaksanakan pengawasan , konselor berusaha meyakinkan atau
memaksa klien mengikuti prosedur yang telah ditetapkan sesuai dengan
keadaan klien. Dua hal yang harus dilakukan :
· Menimbulkan motivasi pada klien.
· Menciptakan
rapport yaitu hubungan baik antara konselor dan klien agar timbul rasa
percaya klien bahwa segala usaha konselor itu disadari benar oleh klien
untuk kepentingannya.
3. Fase
ketiga : klien didorong untuk mengatakan perasaan-perasaannya pada
pertemuan-pertemuan terapi saat ini, bukan menceritakan masa lalu atau
harapan-harapan masa datang.
4. Fase
terakhir : setelah klien memperoleh pemahaman dan penyadaran tentang
dirinya, tindakannya, perasaannya, maka terapi ada pada fase terakhir.
Pada fase ini klien harus memiliki ciri-ciri yang menunjukan integritas
kepribadiannya sebagai individu yang unik dan manusiawi. Klien harus
memiliki kepercayaan pada potensinya. Menyadari diriny, sadar dan
bertanggung jawab atas sifat otonominya, perbuatannya, perasaan-perasaannya, pikiran-pikirannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar